Rabu, 29 Desember 2010

Rumus Rubik 3x3 Bagian ( II )

Saya disini untuk melanjutkan artikel yang pernah saya buat beberapa waktu ang lalu, yaitu melanjutkan artikelku yang berjudul rumus rubik 3x3 bagian ( I ).
Bila anda sudah melihat artikel pertamaku maka anda harus melanjutkan ke artikel kedua ini untuk menyelasaikan rubik 3x3. di artikel pertamaku kan.. sudah saya tulis seputar langkah pertama dan langkah kedua, dan utuk langkahketiga dan selanjutnya akan saya tulis di artikelku ini.

Langkah ketiga setelah menyelasaikan warna sebaris dibawah warna dasar, maka selanjutnya kita harus menyelasaikan baris kedua dibawah warna dasar. Untuk menyelesaikan warna baris kedua dibawah warna dasar, maka cocokkan center tanpa beriorentasi dahulu berdasarkan warna baris pertama rubik yang sudah jadi, untuk rumusnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Ingat saat menyelesaikan warna center ini warna dasar atau warna yang selesai satu sisi memegangnya harus diletakkan dibawah, seperti yang terlihat digambar sisi rubik yang diatas warnanya belum jadi, tetapi untuk menyelasaikan warna center tanpa beriorentasi warna dasar bisa diletakkan diatas. Dan untuk yang tambahan persegi yang berisi titik diatas maksudnya tanda titik/centertersebut terletak dibaliknya
Untuk gambar diatas saja jelaskan gambar posisi rubik nomor :
  1. kekurangan center terletak di kanan
  2. kekurangan center terletak di kiri
Setelah jadi sisi semuanya selanjutnya kita menyelesaikan warna dibalik warna dasar. pada artikel pertamaku kan... yang ku jadikan warna dasar adalah warna merah jadi untuk warna dibaliknya adalah warna orange.

Langkah keempat kita akan menggunakan langkah dari posisi titik ditengah atau warna orange ditengah menuju garis lurus ditengah terus berbentuk huruf "v" dicorner atas dan terakhir membentuk tanda plus "+". untuk jelasnya bisa melihat gambar dibawah ini.
Gambar diatas untuk posisi rubik dari kiri ke kanan atau dari titik ke plus
Setelah menjadi plus selanjutnya kita akan menyelesaikan warna dibalik warna dasar dengan rumus seperti dibawah ini. namanya rumus ikan




untuk menjadikan warna dibalik warna dasar kita menngunakan rumus ikan diatas kira sebanyak 2-5 kalau keadaannya banar.

Langkah terakhir Setelah selesai warna dibalik warna dasar, selanjutnya kita menyelesaikan warna baris ketiga dibawah warna dasar. pertama kita menelasaikan dulu warna corner-cornernya. untuk rumusnya bisa lihat dibawah ini.
Setelah selasai semua corernya kita selanjutnya menyelesaikna warna center-centernya. untuk rumusnya bisa dilihat dibawah ini. namanya rumus PLL ( Permulation Last Layer )


JADI DEHH....
SELESAI...


Selamat mencoba rumusku ini yaaaaaa...
Semoga bermanfaat !!!!!! 



0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah rohim ariful saya bekerja sebagai pelajar di MTsN Ponorogo. Saya menulis blog ini untuk bebagi irformasi dengan temanku yang membacanya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger