Senin, 27 Desember 2010

Permainan magic cube " rubik "

          
Rubrik permainan yang menantang sekaligus mengasikkan. Rubrik sekarang memang lagi ngetrend dari pada game online, dan mempunyai kelebihan salah satunya tidak menghabiskan uang, kalau game online-kan akan menghabiskan uang kita karena setiap hari pergi ke warnet. 
           Kubus rubik adalah permainan dalam bentuk teka-teki mekanik yang dibuat pada 1974 oleh seorang pemahat dan profesor arsitektur dari Hongaria, Erno Rubik. Dari nama tersebut lahirlah permainan yang disebut rubik.
           Rubrik standar ukurannya adalah 3x3. Kubus rubrik 3x3 itu terbuat dari plastik yang terdiri atas 26 sisi. Setiap sisi dari kubus memiliki sembilan permukaan yang terdiri atas enam warna berbeda. Teka-teki dari permainan rubik ini harus dipecahkan agar setiap sisi dari kubus rubik punya satu warna. Di dalam rubik kita dapat menemukan rumus matematika khususnya aljabar dan algeritma.
           Sekitar tahun 1974 permainan ini sangat digemari masyarakat Hongaria. Akan tetapi, begitu banyak teka-teki yang harus diselesaikan dan butuh waktu lama untuk memecahkan permainan itu, sehingga pada 1980-an permainan ini hanya tinggal sejarah. Lalu, pada tahun yang sama, kubus rubik kembali dibuat dan dipasarkan di Barat. Sekitar tahun 1990-an permainan ini kembali populer. Bahkan, begitu banyak kejuaraan yang digelar di beberapa negara. Terlebih setelah banyak solusi yang ditawarkan para juara dunia dalam bermain rubik, seperti Erik, Yu Nakajima, Fridrich, Bob Burton, Pochmann, dan Chris H.
            Dengan solusi dari mereka, permainan ini kembali disukai banyak orang. Teka-teki yang harus dipecahkan menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pemain. Rubrik bentuknya bermacam-macam selain berukuran 3x3 ada juga ukuran 2x2, 4x4 dan sampai 7x7, bahkan ada yang berbentuk piramid, dll.
            Di kota Ponorogo tercinta ini kita dapat membeli macam-macam rubik terutama di toko DMC Station di Jl. Urip Sumoharjo no.3 terletak di sebelah timur laut Perempatan Tambakbayan, yang lainnya juga banyak, di toko-toko mainan di Ponorogo, swalayan dan lain-lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah rohim ariful saya bekerja sebagai pelajar di MTsN Ponorogo. Saya menulis blog ini untuk bebagi irformasi dengan temanku yang membacanya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger