Selasa, 28 Desember 2010

Rumus Rubik 3x3 Bagian ( I )



Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih menyelesaikan permainan rubik yang rumit itu, dan saya akan memberikan cara atau rumus untuk menyelesaikan rubik terutama rubik 3x3. Untuk bisa melakukan ini kita harus mempunyai rubik lah... he..he..
Sebelum mengetahui rumusnya kita pengenalan nama-nama istilah pada rubik


Pengenalan notasi pada rubik
Langkah pertama kita harus menyelesaikan dulu salah satu sisi warna dari sembilan sisi warna sabagai warna dasar. Bila anda kesulitan anda juga bisa melihat gambar yang tertera di bawah ini.

gambar posisi diatas adalah untuk yang belum jadi pada centernya. gambar posisi rubik nomor dua dari bawah maksudnya tanda bintang/center yang belum jadi terletak di bawah atau di balik warna yang sudah jadi.
dan bila kurang cornernya bisa lihat gambar dibawah ini



Untuk gambar diatas untuk yang kesulitan menjadikan seluruh warna corner. Untuk gambar posisi rubik paling bawah itu maksudnya tanda bintang/corner yang kurang juga terletak dibalik atau dibawah warna yang sudah jadi.


Langkah kedua adalah mengelompokkan warna yang terletak satu baris dibawah warna yang sudah jadi atau warna dasar. gambarnya seperti dibawah ini




warna yang dimaksud adalah warna yang ku coret dengan garis hitam
pertama kita harus mencari corner yang cocok dan warna harus berurutan misalnya saya akan menjadikan sisi warna atau warna dasar rubik yang berwarna merah dahulu seperti gambar diatas, warna yang dibawahnya adalah putih disamping kiri warna biru disamping kiri warna  kuning disamping warna hijau. 
berarti letak corner yang benar :

  1. cari corner yang berwarna merah biru putih letakkan di salah satu tempat
  2. cari corner yang berwarna merah biru kuning letakkan di samping kiri corner warna nomor 1
  3. cari corner yang berwarna merah hijau kuning letakkan di samping kiri corner warna nomor 2
  4. cari corner yang berwarna merah hijau putih letakkan di samping kiri corner warna nomor 3
bila sudah jadi dan sudah benar posisinya tinggal memindahkan center yang berorientasi yang terletak satu baris dibawah warna yang sudah jadi seperti menjadikan corner diatas. kelompokkan setiap center berdasarkan warna corner yang sudah jadi.  

langkah selanjutanya insya allah akan saya tulis pada artikel saya selanjutanya, semoga sih... cepat jadi yaa..., karena saya sudah  capek nulis. semoga gak bingung yaa.... dengan caraku diatas bila masih bingung juga bisa komentari artikelku ini...



Semoga bermanfaat!!!!
Selamat mencoba !!! 

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah rohim ariful saya bekerja sebagai pelajar di MTsN Ponorogo. Saya menulis blog ini untuk bebagi irformasi dengan temanku yang membacanya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger